Penyakit Kencing Nanah : Waspadai dan Hindari !!!

Apa itu penyakit kencing nanah ? Apa perbedaannya dengan gonore ? Bagaimana ciri-cirinya pada pria dan wanita. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang penyakit kelamin berbahaya ini.

Kencing Nanah, Apa itu ?

Penyakit kencing nanah atau sering disebut juga gonore adalah suatu infeksi pada saluran kencing. Dampaknya mengakibatkan terjadinya gangguan saat kencing yang bercampur nanah. Penyebab penyakit gonore berasal dari bakteri Gonococcus, sering disebut juga Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini bisa menjangkit siapa saja tanpa pandang usia dan jenis kelamin.

Bakteri yang biasanya ditemukan pada cairan kelamin ini bisa menyerang berbagai organ tubuh penting manusia, dari mata, tenggorokan, serviks pada wanita dan saluran sperma dan saluran kemih. Dampak yang ditimbulkan adalah terjadi rasa sakit yang luar biasa pada penderita,terutama pada saat buang air kecil.

Penularan kencing nanah paling sering terjadi melalui perantaraan hubungan intim, bisa lain jenis maupun sesama jenis. Bisa melalui penetrasi pada vagina, lewat seks oral maupun anal, serta lewat alat bantu seks yang sudah terkontaminasi oleh virus gonore.

neisseria-gonorrhoeae

Biasanya hubungan tersebut tidak menggunakan pengaman atau kondom, selain itu juga penularan bisa terjadi pada seorang ibu yang terinfeksi pada janin dalam kandungannya sehingga menyebabkan bayi yang lahir sudah menderita gonore.

Kencing nanah ini bisa menular dengan cepat ketika terjadi kontak langsung dengan penderita. Dengan demikian, bakteri gonore tidak akan menular melalui pelukan, makanan, air, pakaian, toilet dan sebagainya. Hal ini disebabkan mereka tidak bisa hidup dan berkembang biak di luar tubuh manusia.

Tanda-tanda infeksi kencing nanah

Penyakit kencing nanah kadangkala tidak menimbulkan tanda-tanda yang jelas, tetapi jika tanda tersebut muncul, maka infeksi bakteri ini akan menimbulkan gangguan pada sistem tubuh yang serius. Terutama gangguan pada sistem reproduksi pria dan wanita.

Masa perkembangan bakteri ini dari mulai masuk ke dalam tubuh sampai muncul gejala berlangsung sekitar 2-10 hari, tetapi dalam berbagai kasus kadang kala muncul sampai berminggu-minggu.

Salah satu faktor penyebab kencing nanah tidak segera diobati adalah karena banyak yang tidak meyadari kehadirannya, sekitar 10% pada pria dan 50% pada wanita tidak mengalami gejala yang berarti.

Baca juga :   7 Obat Infeksi kandung kemih Alami terbaik

Salah satu sebab mengapa kencing nanah begitu mudah menular dan menjangkit banyak orang adalah karena gonore sering kali tidak terdeteksi oleh penderita. Dalam banyak kasus, gonore sering kali tidak menimbulkan gejala yang menonjol, sehingga penderita bebas berhubungan seks dengan siapa saja dan akhirnya menularkannya kepada pasangannya.

Gejala gonore pada pria lebih mudah untuk dideteksi jika dibandingkan dengan gejala pada wanita. Hal ini karena indikasi pada wanita kadang tidak begitu jelas dan cenderung menyerupai ciri-ciri penyakit infeksi kelamin atau keputihan biasa.

Jika tidak segera diobati, maka peradangan bisa semakin meluas dan menyebabkan gangguan sakit perut, pendarahan kelamin, meriyang, serta rasa sakit pada vagina pada saat berhubungan.

Berikut adalah tanda-tanda gonore yang paling sering muncul, antara lain adalah :

  • sakit saat kencing, disertai nyeri dan panas
  • keluar cairan dari penis atau vagina berwarna kuning kehijauan, kadangkala bisa bercampur darah pekat
  • Nyeri pada bagian testis pada pria
  • Infeksi dan radang pada ujung penis
  • Pendarahan pada wanita, diluar waktu menstruasi
  • sakit pada bagian pinggul
  • nyeri pada saat hubungan badan
  • keputihan yang berlebihan
  • Luka iritasi pada mulut, tenggorokan atau dubur akibat dari oral atau anal seks.
  • Perubahan warna mata atau disebut dengan konjungtivitis juga bisa terjadi apabila cairan tubuh yang terkena infeksi gonore mengenai mata.

Konjungtivitis ini juga akan mengakibatkan radang, sakit dan mata berair serta infeksi.

gejala penyakit kencing nanah

Peradangan kencing nanah yang terjadi pada anus akan menyebabkan keluar cairan pada anus, timbul rasa sakit dan panas. Selain itu juga kencing nanah akan mengakibatkan gangguan pada sendi yang terasa linu, kaku dan sakit saat digerakkan, terjadi infeksi.

Dampak yang serius pada kesehatan tubuh akan terjadi jika kencing nanah ini dibiarkan tanpa pengobatan. Infeksi akan semakin meluas tidak hanya pada area kelamin saja tetapi bisa mengakibatkan gangguan hati dan kemandulan.

Jadi, sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami gangguan penyakit ini untuk mendapatkan pengobatan yang optimal.

Dan gejala-gejala lain yang sangat bervariatif dan kadang kala berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Namun ciri yang paling dominan adalah keluar nanah dari kemaluan, oleh karenanya penyakit ini disebut dengan istilah kencing nanah.

Baca juga :   cari obat gonore

Tanda Infeksi pada Bayi.

Bayi yang baru lahir bisa terinfeksi dari ibunya yang juga terserang gonore. Tanda yang muncul pada bayi baru lahir biasanya terdapat pada matanya yang akan muncul setelah lahir sampai dua pekan kelahirannya. Gejala yang nampak biasanya pada mata terlihat merah, bengkak, berair maupun mengeluarkan cairan kental seperti nanah.

Untuk menghindari penularan pada bayi, ibu hamil dapat menggunakan antibiotik untuk kencing nanah pada saat masa kehamilan maupun setelah lahir dan menyusui.

Cara Diagnosa

Untuk mendiagnosa kencing nanah pada pria dan wanita dilakukan cara pengujian pada kandungan urine maupun cairan yang keluar dari kelamin. Jika pada wanita, pemeriksaan pada urine kurang begitu akurat, cara yang lebih tepat untuk pemeriksaan gonore pada wanita dengan sample cairan yang keluar dari vagina.

Pemeriksaan harus dilakukan secepatnya begitu Anda mengalami gejala awal, karena infeksi yang dibiarkan akan mengakibatkan resiko munculnya komplikasi pada organ lain, seperti radang pada testis disertai pembengkakan, infeksi pelvis juga bisa terjadi jika Anda terlambat dalam pengobatan.

Jika Anda mengalami gangguan seperti di atas, Segera periksakan diri Anda, karena jika terlambat dalam pengobatan bisa menyebabkan gangguan jangka panjang yang lebih berbahaya bagi kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi acuan Anda untuk segera melakukan pemeriksaan, jika Anda mengalami hal berikut :

  • Terinfeksi salah satu penyakit kelamin
  • Memiliki gejala seperti keluar nanah dari kemaluan, baik dialami oleh Anda sendiri maupun pasangan seks Anda
  • Ibu yang sedang hamil atau program hamil
  • Memiliki pasangan seks yang terinfeksi penyakit kelamin
  • Anda atau pasangan seks Anda pernah berhubungan seks dengan partner lain tanpa pengaman

Cara Mengobati Gonore

Setelah proses diagnosa selesai dan dinyatakan positif adanya bakteri gonococcus, maka segera dilakukan pengobatan yang seksama. Pengobatan standar medis adalah dengan menggunakan suntikan antibiotik untuk kencing nanah. Anda juga akan disertakan tablet antibiotik untuk mempercepat penyembuhan.

Selanjutnya, Anda akan dianjurkan untuk periksa kembali setelah 1 minggu kemudian, untuk memastikan apakah bakteri tersebut sudah benar-benar hilang dan Anda dinyatakan sembuh.

antibiotik-untuk-kencing-nanah

Tanda infeksi akibat gonore akan hilang dan kondisi tubuh akan membaik setelah dilakukan pengobatan dalam beberapa hari apabila Anda melakukan pengobatan secara cepat dan tepat. Jika ini dibiarkan, maka kondisi akan semakin parah dan susah disembuhkan, hal ini karena kencing nanah tidak bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan.

Baca juga :   ciri kencing nanah pada wanita

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tidak berhubungan seks hingga perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang telah terbukti negatif.

Anda bisa terkena penyakit gonore kembali jika tidak melakukan hubungan seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Cara terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan, tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah, dan gunakan kondom jika melakukan hubungan seks.

Dampak dan Efek Komplikasi

Dalam jangka panjang, efek kencing nanah akan mengakibatkan berbagai macam komplikasi pada organ lain dan mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius. Efek kencing Nanah menyebabkan kemandulan pada pria akibat dari radang dan infeksi pada saluran testis dan prostat.

Pada wanita bisa mengakibatkan gangguan yang juga tidak kalah serius, antara lain rasa sakit pada panggul akibat radang yang berkepanjangan, sehingga mengakibatkan sakit pada tulang belakang. Kencing nanah juga menyebabkan kemandulan dalam jangka panjang, serta gangguan kehamilan di luar rahim atau ektopik.

Gangguan lain yang bisa muncul akibat penyebaran bakteri gonore adalah sebagai berikut :

  • Muncul infeksi kemerahan pada kulit
  • Gangguan pada saraf tulang belakang atau jantung yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan
  • Radang sendi yang menyebabkan terjadinya pembengkakan
  • Iritasi kulit dan berwarna kemerahan
  • Radang di sekitar otak dan saraf tulang belakang (meningitis) atau jantung, yang bisa membahayakan nyawa
  • Peradangan dan pembengkakan persendian

Komplikasi kencing nanah pada wanita hamil tidak hanya berdampak pada dirinya. Tapi juga bisa berdampak pada bayi yang dikandungnya, seperti kelahiran prematur dan keguguran. Mata bayi yang dilahirkan oleh ibu penderita gonore bisa terinfeksi. Kerusakan penglihatan permanen akan terjadi jika bayi tersebut tidak segera diobati dengan antibiotik.

Save

Incoming search terms:

  • waspada kencing nanah
  • apakah kencing nanah bisa menular lewat toilet
  • apakah nanah gonore menular
  • bakteri gonore
  • kencing nanah berdampak pada mata
  • perkembangan penyakit kencing nanah

Check Also

Penyakit Gonore, Gejala, Penyebab dan cara Mengobatinya

Gonore mewakili 7% dari infeksi menular seksual yang baru didiagnosis (IMS) dalam pengobatan genitourinari (GUM) …